Dewan Pengawas KPK Diperlukan, tapi Siapa Orang Berintegritas di Dalamnya

POJOKSATU.id, JAKARTA – Usulan pembentukan Dewan Pengawas untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu dipikirkan secara matang sebelum direalisasikan dalam RUU KPK yang belakangan makin panas diperbincangkan.
Analis politik dari Lembaga Survey KedaiKOPI, Hendri Satrio berpandangan, yang jadi persoalan bukan keberadaan badan tersebut, melainkan sosok yang bakal mengisi lembaga pengawas ini.
“Pertanyaannya bukan diperlukan atau tidak, itu siapa yang mau ngisi nanti. Siapa orang-orang yang lebih berintegritas dari capim KPK itu? Itu jauh lebih penting nantinya,” ungkap Hendri, Minggu (8/9).
Dari segi fungsi, ia tak masalah dengan lembaga yang diusulkan oleh mantan Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Seno Adji itu.
“Saya ngerti KPK harus ada yang ngawasin supaya taat azas. Ya menurut saya kayak KPK di atas KPK itu dewan pengawas,” tambahnya.
Bukan tanpa alasan, melalu lembaga tersebut, lembaga superbody yang belakangan kerap menjadi sorotan tersebut bisa dikontrol serta menurunkan angka koruptor di Indonesia.
“Kita coba saja lah, namanya UU sudah disetujui ya kita jalankan. Insya Allah tingkat korupsi di Indonesia menurun dan KPK makin lama makin tidak diperlukan,” tutupnya.
(sta/rmol/pojoksatu)