Ini Deretan Penyebab Kemendagri Belum Juga Diterbitkan SKT FPI, Banyak Ternyata

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sampai saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih belum juga menerbitkan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI).
Ternyata, ada sejumlah penyebab kenapa lembaga pimpinan Tjahjo Kumolo itu tak juga melakukannya.
Setidaknya, ada 15 berkas adiministrasi yang sampai kini belum disampaikan FPI kepada Kemendagri.
Demikian disampaikan Direktur Ormas, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Lutfi.
“Kurang lebih ada 15 (berkas administrasi yang diserahkan). Artinya masih ada persyaratan yang kurang,” kata Lutfi dikutip PojokSatu.id dari JPNN.com, Senin (12/8/2019).
Lutfi bahkan menyebut, pihaknya sudah mengirimkan surat imbauan kepada FPI agar melengkapi berkas adiministrasi yang belum diserahkan.
Tak hanya itu, lanjut Lutfi, petunjuk dan arah untuk mendapatkan ke-15 kelengkapan berkas itu juga sudah disampaikan dalam surat dimaksud.
“Secara prinsip, kekurangan itu sudah kami surati secara resmi. Bahwa FPI jika ingin mengajukan SKT tolong dilengkapi ini, ini, dan ini,” ucap dia.
Lutfi pun membocorkan tiga dari lima berkas yang belum diserahkan FPI ke Kemendagri.
Berkas pertama, yakni Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga yang ditandatangani pengurus pusat.
“Anggaran dasar yang dikirim ke kami itu belum ditandatangani,” lanjut dia.
Berkas kedua, yakni mekanisme tentang penyelesaian konflik secara internal. Berkas itu bisa masuk dalam klausul di AD/ART resmi FPI.
“Jadi, apabila ada perselisihan di internal FPI, ada mekanisme penyelesaian konflik internal. Itu yang harus dibentuk di AD/ART,” terang dia.