Grafik Simulasi Pilpres 2019, Prabowo Menang Telak di Jabar

POJOKSATU.id, BOGOR – Radar Bogor melakukan simulasi Pilpres 2019 di 12 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Hasilnya, pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno menang telak.
Prabowo – Sandi menang dengan perolehan 61,64 persen. Sedangkan pasangan capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin hanya meraih 38,36 persen suara.
Tim Relawan Radar Bogor melakukan simulasi Pilpres 2019 secara serentak di 12 kota dan kabupaten di Jabar pada Kamis 31 Januari 2019 hingga Senin, 4 Februari 2019 dengan menggunakan 3.550 spesimen surat suara.
12 kota dan kabupaten yang menjadi lokasi simulasi yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Cimahi, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Depok, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.
“Pemilihan 12 kota/kabupaten ini karena merupakan lumbung suara di Jabar,” ujar Pimred Radar Bogor Aswan Achmad.
Seperti diketahui, kata Aswan, Jabar merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jawa Barat sebanyak 33.270.845 jiwa.
Menurut Aswan, jika dikerucutkan lagi, dari 27 kota/kabupaten di Jabar, 12 kota yang disimulasi Radar Bogor merupakan kota dan kabupaten dengan jumlah pemilih terbanyak.
Kabupaten Bogor misalnya. Berdasarkan data KPU Jawa Barat, jumlah DPT di wilayah ini mencapai 3.467.603 jiwa. Jika ditambah dengan DPT Kota Bogor sebanyak 716.473 jiwa, maka totalnya mencapai 4.184.076 jiwa.
Menurut Aswan, jika pemilihan dilakukan hari ini, Prabowo bakal menang di Jawa Barat. Hal itu tergambar dari hasil simulasi Pilpres 2019.
Di Kota dan Kabupaten Bogor misalnya, masyarakat yang mencoblos foto Jokowi-Ma’ruf sebanyak 1.231 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mencapai 2.215 suara.
“Simulasi seperti ini rutin kami lakukan menjelang pilkada atau pilpres. Semua itu semata-mata untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kesiapan warga dalam menghadapi pemilu,” bebernya.
Sebagai perbandingan, hasil simulasi pencoblosan surat suara Pilpres 2019 Radar Bogor, tidak berbeda jauh dengan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Juli 2018 lalu.
Dalam hasil survei yang menggunakan metode stratified two stage random sampling itu, elektabilitas Prabowo unggul di angka 51,2 persen. Sedangkan Joko Widodo 40,3 persen.
Selain itu, berkaca dari hasil Pilpres 2014 di Jawa Barat, Prabowo juga lebih unggul dibandingkan Jokowi. Pada saat itu, pasangan Prabowo- Hatta memperoleh 59,78 persen suara. Sementara paslon Jokowi-JK mendapat 40,22 persen suara.
Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandiaga Uno Jawa Barat, Abdul Haris Bobihoe menjelaskan hasil simulasi Radar Bogor sesuai dengan prediksi tim pemenangan.
Menurutnya, usai pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018, timnya terus bergerak.
“Ini suatu hasil yang kita prediksi. Karena para caleg mempromosikan Prabowo-Sandiaga. Jadi caleg itu door to door ke masyarakat,” ucapnya saat dihubungi Radar Bogor, tadi malam.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin, Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan, meski hasil simulasi Pilpres 2019 Radar Bogor perolehan suara Jokowi-Ma’ruf berada di bawah Prabowo-Sandiaga, tetapi menurutnya banyak survei yang menyatakan keunggulan Jokowi. Tapi, ia mengakui bahwa keunggulan itu masih sangat tipis.
“Dari lembaga-lembaga survei Pak Jokowi memang sudah unggul, tapi selisihnya masih tipis sekitar empat persen. Empat persen itu margin error. Kalau margin error maka dua-duanya bersaing dengan ketat. Artinya imbang,” ucapnya.
Berikut grafik hasil simulasi Pilpres 2019 yang dilakukan Radar Bogor:

(one/pojoksatu)

Dianggap Makar, Prabowo Terancam 20 Tahun Penjara
Tuesday May 21, 2019

POJOKSATU.id, JAKARTA – Polda Metro Jaya sudah mulai melakukan penyidikan terhadap Prabowo Subianto atas dugaan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara (makar). Hal itu diketahui dari surat Dirreskrimum Polda Metro Jaya bernomor V/7580/IV/RES.1.24/2019/Datro yang dikirimkan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta tentang pemberitahuan dimulainya penyidikan. Dalam surat tersebut dikatakan bahwa perintah penyidikan telah tertuang dalam…

Read the full article

The post Dianggap Makar, Prabowo Terancam 20 Tahun Penjara appeared first on M88bet.